Sabtu, 17 Maret 2012

Lagu Pop Minang Legendaris ..

Diposting oleh Unknown di 12.08
Asslamualaikum.... Selamek Pagiiiii (bahasa minang : Selamat Pagi)...  >.<

Ada yang berasal dari Sumatera BARAT ? berbahagialah anda karena hari ini gue ingin mengeksiskan lagu - lagu minang yang popular dari massa ke massa... mmuuhahhhmmmuuahahhahah (ketawa sombong..minta dilempar)
Because of gue stay di Sumbar dan sekitarnya, terutama di Kota Padang nya, langsung tak langsung,, aku jatuh cinta tak sengaja pada beberapa lagu pop minang, walaupun tak paham kali sama artinya, namun setiap lagu yang akan gue posting disini memiliki makna yang mengena di hati gue.. mungkin karena ada pengalaman tersendiri di setiap lagunya...

Karena gue gak terlalu paham seluk beluk lagu pop minang beserta sejarah panjangnya.. gue akan langsung tancap gas aja demi men share dan membagi lirik lagu minang favorit gue,,,,..!!!!!

yang pertama dan menemapati posisi puncak__serta paling sering gue nyanyikan di kamar mandi dengan logat yang kacau (maklum ya amak..abak..uda uni..etek..mamak, gimanapun juga gue aseli Palembang, jadi mau ngomong bahasa minang sampe jungkir balikpun.. yang ngedenger pasti merasa aneh bahkan tertawa, karena logat gue yang Palembang banget)

Adalahh....(trekkk treeekkkk dungggg,,..dunggg....) 

CINTO JAAN DI BALI"________>>>>>>>>>>>

gue kurang tahu juga kapan lagu ini diciptakan kapan boomingnya.. n kenapa sampai sekarang masih menjadi salah satu lagu favorit yang dinyanyikan uda ataupun uni di acara Baralek (bahasa minang. Baralek = Pesta Pernikahan) yang gue tahu cuma (ini pun kalo gak salah) lagu Cinto jaan di bali ini sempat dipopulerkan oleh Yen Rustam..dan sekarang dinyanyikan ulang oleh beberapa penyanyi muda masa kini dari abad 21 salah satunya adalah Ria Amelia..tahu kan Ria Amelia..(bang,...sms..siapa ini baaangggg)


Gue suka lagu ini, karena sesuai banget dengan pengalaman gue dengan salah satu mantan gue yang mengaku mirip raffi achmad (dulu gue meng-iyakan kalo dia mirip raffi achmad..tapi sekarang gue mual kalo ingat dia bilang, dia mirip raffi achmad..) 
Makna lagu ini, mengisahkan tentang sepasang kekasih yang saling mencinta,... namun sang uda (bahasa minang : panggilan untuk cowok, bisa juga maksudnya abang) menduakan cinta sang uni (panggilan cewek dalam bahasa minang, yang bisa juga artinya kakak perempuan, atau digunakan untuk sapaan sehari hari agar terkesan sopan) sang uda tega membagi hati dan cintanya karena sang uda silau dengan kekayaan duniawi, silau dengan harta,,,.. jadi uda diam diam mendekati gadis lain yang kaya raya..(kurang lebih begitulah artinya yang gue tangkap..)

Gak jauh beda, hampir sama ... dengan kisah gue, namun dengan alasan "menduakan cinta" yang berbeda, cewek yang jadi rival gue berpendidikan dok**r, dan yang gue ketahui dari narasumber terkait bahwa teman2nya mantan gue mendukung mantan gue lebih memilih si rival ..secaraaaa pinterr,,..cantik dan masa depan terjamin "do**r gitu lohhh...huhuhu (tapi sekarang rekan sejawat dong gue sama dia..hohohoh..ya sudahlah yang lalu biaralah berlalu... damai itu indah..peaceee..... :D)

mirip mirip kan kisah asmara gue yang miris dengan makna lagu cinta jaan di bali... (walau agak sedikit memaksakan kemiripannya..pokoknya..miripplahhh)
HEHEHEHEHEHEHE

baiklahh buat bonus postingan kali ini, gue share lirik lagu CINTO JAAN di BALI


CINTO JAAN di BALI 

Cincin bamato di jari manih 

Cincin siapo nan Uda pakai 

Tolonglah jawek tanyo den kini 
Tolonglah denai manahan tangih 
Dagang lah tandeh pokok lah abih 
Nan lain juo nan ba razaki

Kini den tau cinto manduo 

Nan Uda tanam di dalam dado 

Denai di sayang urang di cinto 
Dek Uda kayo lapehkan dayo 
Pitih dapek di cari budi jan lah di bali 
Cinto yo ka datang juo 
Ondeh yo Da.. 
Pitih dapek di cari budi jangan di bali 
Cinto yo ka datang juo...

Urang barambuik samo hitamnyo 

Usah samokan den jo dirinyo 

Denai tasilau ndak dek harato 
Bukan lantaran dek roman rancak 
Bukan dek silau ameh jo perak 
Urang di jajah bak kato awak

Suluah kini lah jadi duo 

Ombak mahampeh jadi bancano 

Pa usai sakik hati lah luko 
Luko nan tiado pa ubeknyo

Kayo jan di panggakkan 

Cinto bukan dagangan 

Tinggakanlah denai surang 
Ondeh yo Da.. 
Kayo jan di panggakkan 
Cinto bukan dagangan 
Tinggakanlah denai surang..

Cincin bamato di jari manih 

Cincin siapo nan Uda pakai 

Tolonglah jawek tanyo den kini 
Tolonglah denai manahan tangih 
Dagang lah tandeh pokok lah abih 
Nan lain juo nan ba razaki

Kini den tau cinto manduo 

Nan Uda tanam di dalam dado 

Denai di sayang urang di cinto 
Dek Uda kayo lapehkan dayo 
Pitih dapek di cari budi jan lah di bali 
Cinto yo ka datang juo 
Ondeh yo Da.. 
Pitih dapek di cari budi jangan di bali 
Cinto lai ka datang juo...
......hiks hikss..hikss hikssss... mewek deh jadinyaaaaaaaa"

lanjutt..ke lagu kedua... lagu ini musiknya riang gembira, asyik dipake goyang karawang (nah loh..lebayyy,...)
gue juga belum kenalan sama pencipta lagu dan penyanyi yang pertama kali mempopulerkan lagu, sebenarnya pengen kenalan sih, tapi time machine gue lagi ngadat.. mesti dibawa ke bengkel dulu..(gedubrak !!!)

dan Lagu yang beruntung jadi favorit gue adAAAlahh..(treengg tereeenngg dreeereeenggg)
"BAREH SOLOK" 
(SUWITTT suwittttttt)

yang gue tahu nih lagu..dari dulu sampe detik ini masih terkenal terutama di SUMBAR, terspesialisasi di daerah SOLOK-Sumbar. Lah wong nama terminal Solok aja "Terminal Bareh Solok". Sama seperti lagu cinto jaan di bali, lagu bareh solok juga dinyanyikan oleh beberapa penyanyi bahkan dengan improvisasi musik yang sedikit berbeda..mulai dari ibu ernie johan, ibu elly kasim..sampai..ke para penyanyi masa kini salah satunya.. Ria Amelia lagi... hohoho...(backsound    :     bangg sms siaappaa..ini bang..)



  


(oh ya sebelum lupa ... saya minta izin melalui blog ini, kepada rumah produksi minang record dan pihak terkait lainnya serta para penyanyi terkait, saya minta izin menggunakan beberapa gambar dengan logo rumah produksi Minang Record, izin yaa pak..bu... saya bantu promosi juga loh.. ingat Jangan beli dvd, cd, atau kaset bajakan..belilah yang aseli yah saudara saudara..)

mari kembali ke posisi semula...
Lagu Bareh Solok, menceritakan tentang betapa enaknya bareh asal kota solok-sumbar (bareh = beras), dan beras asal kota solok-sumbar ini memang jadi kebanggan masyarakat kota Solok. (maaf sekali lagi, gue kurang ngerti perbedaan rasa rasa beras.. tahunya gue,... kalo dah jadi nasi,..dimakan..enakkk ajaaa)

nah loh..ada yang bingung ga.. apa hubungan ni lagu sama diri gue... apakah karena gue pernah icip icip bareh solok gratis.. atau karena gue pernah menjual bareh solok mungkin... ohh tentu tidakk karena saya tak jualan beras.... Sekali lagi, lagu ini jadi favorit gue karena mengingatkan gue pada sesosok pria baik hati.. bisa dikatakan sahabat gue lah.. yang pernah ada sedikit "lovestory" sama gue.
...lagu bareh solok adalah lagu yang dinyanyikan Mr.X pertama kali buat gue.. dan beberapa kali jadi lagu pengantar tidur gue (dinyanyikan secara live olehnya via telepon).. emang sih, lagunya bukan lagu cinta cintaan..juga bukan lagu yang bisa masuk kategori lagu nina bobo (baca : lagu pengantar tidur) hanya saja, tiap gue dengar lagu Bareh Solok, entah di pasar.. di angkot..di bus... di toko kaset... 
langsung pikiran gue teringat akan si abang yang menyanyikan lagu bareh solok sebelum gue tidur..ehemmm istilahnyaa "momen yang tak terlupakan" 

yah meskipun gue ga berlanjut ke jenjang selanjutnya dengan si abang Bareh Solok ini.. tapi gimanapun juga dia sudah dengan manisnya mau menyanyikan lagu bareh solok buat gue sebelum gue tidur..(hooo soo sweettt)

Okeee..sambil senyum senyum sendiri terkenang si Abang.. gue membonuskan lirik lagu BAREH SOLOK.. untuk sanak saudara..tersayang...

"BAREH SOLOK"


Bareh Solok tanak didandang
Dipagatok ulam pario
Bunyi kulek cando badendang
Dek ditingkah (hmm) si samba lado

Urang Sumpu jalan barampek
Di Singkarak singgah dahulu
Bareh baru makan jo pangek
Indak nampak (hmm) mintuo lalu

Bareh Solok bareh tanamo
Bareh Solok lamak rasonyo
Bareh Solok bareh tanamo
Bareh Solok lamak rasonyo


paRA kELINGKING KECIL sekalian.... angkat kelingking kalian tinggi tinggi..dan ucapkan dengan lantang... AKU CINTA BUDAYA INDONESIA... LESTARIKAN LAGU POP MINANG !!! yeeeee.....yyy

0 komentar:

Posting Komentar

 

Si Kelingking Kecil Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea