Minggu, 05 Agustus 2012

Ayo.. makan cake dan kue enak (part satu) !!!!!

Diposting oleh Unknown di 08.58
Lebaran sebentar lagi.. banyak kue enak menantii.... (nyanyi nyanyi riang).."melompat lompat kecil....."Baju baru alhamdulillah.. tuk dipakai di hari raya.. tak ada yang baru tak apa apa.. yang penting enak makanannyaaa...(nyanyi riang yang mulai ga nyambung)




wazz upp, bro n sis? lancar puasanya? mudah2an di bulan suci ini kita semua mendapat berkah yang berlimpah dari Allah.. amienn..
Dah lama juga wa ga posted tentang kesukaan kesukaan gue, n kali ini gue mau posted tentang cake, kue.. bolu... donat.. favorit gue. Karena lebaran sebentar lagi tiba dan banyak makanan lazisss" menunggu untuk dimakan nyam nyam..jangan kebanyakan tapi yoooowww...
Oke starrrttt..
Favorit numero uno gue adalah,.. TIRAMISU CAKE :D



Tiramisù (Tiramesù) adalah kue keju khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini merupakan hidangan penutup yang dimakan dengansendok, sehingga digolongkan ke dalam hidangan "al cucchiaio" ("dengan sendok").
Kue ini tidak dibuat dari adonan dan tidak dipanggang. Bahan dasarnya adalah biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan kejumascarpone. Biskuit disusun dan dilapisi dengan krim kocok sebelum didinginkan di dalam lemari es supaya bentuk kue tidak hancur sewaktu dihidangkan.
Ciri khas kue ini adalah perpaduan tekstur kue yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Biskuit yang disebut biskuit Savoiardi, telur ayam, gula, kopi, dan bubuk kakao adalah bahan utama bagi resep asli tiramisu. Menurut resep aslinya, kue ini berbentuk bundar, dan tidak dicampur minuman beralkohol (rumanggur Marsala, atau konyak) karena awalnya dibuat untuk anak-anak dan orang tua.(sumber mang wikipedia)

tiramisu merupakan dessert atau sajian pencuci mulut dari Italia. Arti harafiah tiramisu adalah ‘pull me up’. Ini sesuai dengan efek kopi dan rasa manis yang membuai lidah setelah menikmatinya.
Menurut sejarah tiramisu yang diperkenalkan di Italia berasal dari Yunani. Apapun ceritanya, secara klasik dessert ini dibuat dari biskuit savoiardi atau lady’s finger yang disusun dan dilapisi dengan adonan yang terbuat dari krim kocok dan keju mascarpone.
Tambahan cokelat dan air kopi serta gula dalam adonan membuat tiramisu makin wangi dan legit rasanya. Dalam perkembangannya, tiramisu tak hanya dibuat dari biskuit savoiardi tetapi juga dari sponge cake. Akhirnya tampilan tiramisu mirip dengan cake, karenanya disebut tiramisu cake.
Tiramisu kuno berbentuk puding dan seperti makanan penutup lainnya, terbuat dari sponge cake atau lady fingers yang dicelupkan ke dalam liquor lalu dilapisi parutan cokelat serta puding. Tiramisu asalnya terbuat dari puding yang lembut dan hanya beberapa tahun belakangan menggunakan keju mascarpone, yang membuat orang semakin menyukai kue ini. (http://www.kueultahkalika.com)


kenapa suka tiramisu ?
Karena rasa perpaduan keju, kopi dan cokelat pada tiramisu begitu padat dan kuat ..namun lembut. Tiramisu seperti sebuah kehangatan keluarga.. ada ayah yang tegas.. (kopi) Ibu yang begitu bijak (seperti gurihnya keju) dan anak anak yang selalu menyenangkan (rasa cokelat yang manis pahit namun ceria,, seperti senyuman tulus para anak yang bahagia) humm... Setiap gigitan pada tiramisu cake yang lembut, selalu mampu mengusir kerinduan pada suasana rumah untuk sesaat ..
Jadi pengen makan Tiramisu..:p yukk bagi para kelingking yang pengen juga daripada beli mending coba buat sendiri..sapa tahu enak dan bisa jadi peluang bisnis.. weleh..welehh..duiittt..ujung ujungnya duittttt..

nehhh gue lempar resepnyaaaa :



TIRAMISU
Recipe by Fatmah Bahalwan (http://myseventeen.wordpress.com)
Bahan:
250 gr keju mascarphone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
½ sdt esence vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor
Bahan lain:
2 sdm kopi instant, cairkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua / rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x3cm
Garnish:
Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Kocok keju mascarphone, sisihkan.
  2. Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
  3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
  4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
  5. Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.
Penyelesaian :
  1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (ato cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarphone, ratakan.
  2. Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarphone.
  3. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk.
  4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.
  5. SEMOGA SUKSES DENGAN RESEPNYAA.. OKE... SEMANGAT...!!!!!

Ayo para kelingking.. mari makan enak.. makan semua kesukaanmu tapi jangan terlalu banyak.. karena yang berlebihan itu tak pernah baik 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Si Kelingking Kecil Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea