Minggu, 20 November 2011

Pembukaan Sea Games 2011 di Palembang

Diposting oleh Unknown di 04.13
11-11-11, menjadi momen bersejarah bagi Indonesia. Setelah sekian lama, Indonesia kembali menggelar 'pesta bangsa-bangsa Asia Tenggara' SEA Games 2011.Ini untuk kali keempat Indonesia menjadi tuan rumah setelah 1979, 1987 dan 1997. Pada penyelenggaraan tiga edisi sebelumnya ini, Kontingen Indonesia menjadi juara umum.Hari ini juga menjadi sangat bersejarah bagi Kota Palembang dan semua elemennya. 
Palembang menjadi kota pertama di luar Jakarta yang menjadi tuan rumah SEA Games di Tanah Air. Meski diterpa beberapa masalah, SEA Games ke-26 pasti digelar di Kota Mpek-Mpek.SEA Games ke-26 akan dibuka di Gelora Bumi Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat 11 November 2011 mulai pukul 19.00 WIB. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka secara resmi pesta dua tahunan yang diikuti oleh 11 negara ASEAN ini. 
Acara pembukaan SEA Games di Stadion Jaka Baring, Palembang, diawali dengan pesta kembang api. Ribuan kembang api berwarna-warni yang dinyalakan dengan durasi waktu mencapai lima menit itu membuat Stadion Jakabaring terlihat terang benderang dan penuh warna.

Acara kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan aksi teatrikal yang dibalut dengan seni tarian kontemporer yang menceritakan bagaimana hebatnya kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu kala.

Setelahnya, kembali dipertunjukkan sebuah aksi tarian memukau dengan judul merajut nusantara. Tarian tersebut terdiri atas gabungan berbagai seni tarian dari seluruh Indonesia, seperti tari piring, tari lilin, dan pendet. Kemudian, dikombinasikan dengan seni taru kontemporer dimana para mengenakan kostum ala hawai dengan gemerlap lampu berwarna hijau dan ada juga para penari yang menggunakan kostum kupu-kupu.

Opening ceremony kemudian dilanjutkan dengan aksi pawai. dalam pawai tersebut, terdapat kapal raksasa dengan dihias maskot dari berbagai ikon masing-masing negara. Diantaranya, Malaysia dengan menara kembar petronasnya dan Indonesia dengan Komodonya, yang diproyeksikan sebagai salah satu dar new seven wonders.

Opening ceremony kemudian ditutup dengan penyalaan obor SEA Games. Legenda bulutangkis putri Indonesia Susi Susanti mendapatkan kehormatan untuk menyalakan obor tersebut.

Uniknya, Susi menyalakan obor SEA Games tersebut dengan aksi yang cukup unik. Dia terbang dari kapal Golden Pinisi dengan diarak tali menuju obor raksasa SEA Games.
Acara Opening Ceremony SEA Games XXVI kembali ditutup dengan pesta kembang api. Sekitar sebelas ribu kembang api dilepaskan di Stadion Jaka Baring dengan durasi mencapai sepuluh menit, membuat Stadion kebanggaan milik Palembang tersebut menjadi terang benderang dan penuh warna.  

Lagu resmi SEA Games 2011, 'Kita Bisa' karya komposer Addie MS akan dilantunkan. Suara merdu Agnes Monica, Jay Tobing serta Judika akan mewakili artis Indonesia. Tak ketinggalan artis Filipina, KC Conception dan penyanyi Malaysia, Jaclyn Victor.

upacara seharga 150 miliar

Upacara pembukaan biasanya menjadi salah satu indikator kemegahan maupun kebesaran SEA Games dibanding penyelenggaraan sebelumnya. Pihak panitia seperti Inasoc di SEA Games kali ini pasti mengklaim sebagai terbesar. Apalagi, Inasoc menyiapkan Opening Ceremony dengan spektakuler.
Peraih medali emas Indonesia di Olimpiade 1992, Susy Susanti mendapatkan kehormatan menyalakan api SEA Games 2011 di kaldron Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Palembang. Susy secara akrobatik akan menyalakannya sambil terbang menuju kaldron.
Inasoc juga memberikan kehormatan kepada empat pasangan mantan atlet untuk menjadi pembawa obor. Abbas Akbar (pencak silat)-Nurfitriyana (panahan), Hasan Basri (karate)-Merry Monim, Purnomo (atletik)-Nanik J Soewadji (renang) dan Alan Budikusuma (bulutangkis)-Yayuk Basuki (tenis) akan membawa obor secara estafet menuju kaldron.
Sedangkan Robby Darwis (sepakbola), Richard Sam Bera (Renang), Pino Bahari (Tinju) dan Emma Tahapari (atletik) membawa bendera. Dukungan para mantan dan legenda olahraga ini diharapkan menjadi motivator bagi atlet-atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games kali ini.
Acara pembukaan memang dikemas secara megah. Ini terlihat dari anggaran mencapai Rp150 miliar yang dikeluarkan hanya untuk menggelar acara pembukaan ini.
Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng memang menjanjikan upacara pembukaan SEA Games 2011 akan berlangsung spektakuler. Persiapan upacara pembukaan telah dilakukan lewat acara gladi bersih sepanjang hari Kamis 10 November 2011. Menpora yang menyaksikan jalannya gladi bersih, optimistis upacara pembukaan akan berlangsung meriah.
"Pembukaan itu kami persiapkan dengan maksimal. Harapan saya berjalan dengan baik. Insya Allah akan menjadi pembukaan yang spektakuler. Tidak mahal, tidak mewah, tapi spektakuler. Keren abis kalau anak muda bilang," ujar Menpora di sela-sela meninjau persiapan upacara pembukaan.
Rencananya, acara ini melibatkan 5.000 personel yakni terdiri dari penari tradisional, penyanyi dan seniman asal Sumatera Selatan. Mereka masih ditambah dengan 1.000 kru.
Mereka akan memainkan tema upacara pembukaan yang tentu saja berbau Palembang. Dari sejarah Palembang sampai Kerajaan Sriwijaya.
"Upacara akan menampilkan ramuan bukan hanya sejarah Sriwijaya dan bagaimana kita merakit Nusantara. Tapi, juga kontemporer Indonesia sekaligus menggabungkan multimedia," dia melanjutkan.
Meski harga tiket pembukaan SEA Games 2011 cukup mahal mulai Rp500 ribu hingga Rp2 juta, namun Menpora yakin masyarakat Palembang akan berbondong-bondong menyaksikan jalannya pembukaan.
"Kalau di Palembang, antusias masyarakat luar biasa. Semua orang ingin datang, tapi kapasitas terbatas, jadi semua tidak bisa tertampung. Tapi, masyarakat juga bisa menyaksikan langsung melalui televisi," tuturnya.
Upacara pembukaan SEA Games 2011 akan ditutup dengan penyalaan kembang api karya desainer dari New York, Amerika Serikat. Atraksi kembang api ini akan berlangsung 10 menit.
Di bawah ini beberapa foto pembukaan Sea games 2011 di Palembang :














0 komentar:

Posting Komentar

 

Si Kelingking Kecil Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea